Kelapa Sawit (TBS)

Dengan memiliki perkebunan sawit seluas 406.1 hektar PT. Mitra Tumbuh Perkebunan berusaha untuk memenuhi kebutuhan kelapa sawit untuk skala nasional mau pun internasional.

Baca Lebih Lengkap

Minyak Sawit (CPO)

Minyak sawit digunakan sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun, kosmetika, industri baja, kawat, radio, kulit dan industri farmasi.

Baca Lebih Lengkap

MTP

PT. Mitra Tumbuh Perkebunan

MT. Haryono Square 2nd Floor, Unit 28-29 Otto Iskandardinata No. 390 Jakarta Indonesia

Hubungi Kami
 

Wanita Dengan 16 Kepribadian

Author : Budi Prayudi

Posting Date : 2013-11-01


Sybil adalah nama seseorang wanita dan juga judul sebuah buku psikologi. Sebagian mengkategorikan buku ini sebagai psikologi ilmiah namun sebagian lagi menggolongkan buku ini sebagai fiksi ilmiah. Sybil memang benar - benar hidup di dunia ini dengan kasus kepribadiannya yang langkah. Saking anehnya, sampai - sampai para kritikus menyebutnya sebagai hasil imajinasi penulisnya. Bagaimana mungkin dalam tubuh seseorang bisa memiliki 16 kepribadian yang berbeda sama sekali ? Apalagi dengan tubuh wanita yang memiliki payudara dan vagina bisa muncul kepribadian seseorang laki-laki yang utuh ? Bagi saya pribadi, pertanyan masuk akal atau tidak akan saya kesampingkan terlebih dulu. Justru pertanyaan yang lebih penting adalah bagaimana hal ini bisa terjadi ? Apa penyebabnya ? Bagaimana mengatasi permasalahan ini ? Dan bagaimana mencegahnya ?

 

Film Sybil Nama asli Sybil adalah Shirley Ardell Mason. Dia dilahirkan di Minnesota, Amerika, pada tanggal 25 Januari 1923 dan meninggal pada usia 75 tahun. Tepatnya 26 Februari 1998.
Keluarga Sybil merupakan salah satu orang terkaya di kotanya. Namun, karena krisis ekonomi tahun 1929, mereka jatuh miskin. Latar belakang kedua orangtuanya dari kalangan orang berada. Ayahnya merupakan keturunan pendiri kota tempat tinggalnya, sedangkan ibunya merupakan anak seorang walikota. Sybil sendiri adalah anak tunggal mereka (setelah sebelumnya pasangan ini mengalami keguguran)


Walter dan Martha Alice Hageman Mason adalah seorang yang taat beragama, demikian pula dengan penduduk kota tempat Sybil kecil lahir. Memang zaman mereka hidup adalah zaman dimana orang yang tak beragama akan dijauhi dan dianggap kafir. Jadi memiliki satu agama adalah syarat untuk bisa diterima di masyarakat !
Sekilas, dari analisis kita, keluarga Mason adalah keluarga yang sukses, ideal, dan bahagia. Di mata penduduk kota Dodge Center, Minnesota, setiap orang yang melihat Shierly selalu melihatnya digandeng oleh ibunya. Sungguh pasangan ibu dan anak yang bahagia ! Namun apa yang tampak dari luar baik, tidak selalu sesuai dengan kenyataan sebenarnya.


Ketika bapaknya berangkat kerja, dimulailah kejadian - kejadian yang mengerikan yang dilakukan oleh ibu Sybil. Diantaranya :
Mengikatnya di bawah kaki piano ketika ibunya sedang bermain dengan pianonya. Memukulnya ketika Sybil menanyakan sesuatu kepadanya. Memasukan selang dan air ke dalam anus dan vaginanya. Kadang baterai, tongkat, boneka, gesper, sepatu, dan benda - benda lainnya. Memaksa Sybil melihat ibunya masturbasi, Memasukkan kelereng ke hidup Sybil, melemparkan sybil seperti bola, menyeterika tangan Sybil, dan mengikat sapu ke lehernya Dan segala bentuk kekerasan lainnya.


Pendeknya, masa kecil Sybil dipenuhi dengan kekerasan, pelecehan seksual, dan kemunafikan. Ketika melakukan semua hal ini, Martha sering tertawa kegirangan ! Loh, apakah papa Sybil tidak mengetahui hal ini ? Tangan anak kecil yang kena setrika bukanlah hal yang sepele ! Namun, ayahnya sepertinya acuh tak acuh dan "memberikan persetujuan" atas tindakan ini. Bukannya mencari tahu penyebabnya, Walter Mason malah mengabaikannya dan menasihatnnya dengan Firman Tuhan.

Tidak ada jalan keluar dari penyiksaan ini, tidak ada pertolongan dari orang lain, dan juga kemunafikan membuat Sybil mengalami masalah psikologi yang disebut Dr. Cornelia Wilbur sebagai masalah kepribadian majemuk atau dissociative identity disorder. Melalui analisis yang dilakukannya selama 11 tahun terhadap Sybil (dimulai tahun 1954). Dia menemukan 16 kepribadian yang berbeda dalam satu tubuh Sybil. kepribadian-kepribadian tersebut antara lain :


Sybil Isabel Dorsett (1923) : kepribadian utama
Victoria Antoinette Scharleau (1926) : dijuluki Vicky, percaya diri dan Pintar
Peggy Lou Baldwin (1926) : tegas, antusias, dan sering marah
Peggy Ann Baldwin (1926) : hampir sama dengan Peggy Lou namun cenderung lebih takut dari pada marah
Mary Lucinda Saunders Dorsett (1933) : yang senang tinggal di rumah, merenung, kontemplatif dan keibuan
Marcia Lynn Dorsett (1927) : seorang penulis yang sangat emosional dan pandai melukis
Vanessa Gail Dorsett (1935) : sangat dramatis, namun pandai bermain piano
Mike Dorsett (1928) : satu dari dua kepribadian Sybil adalah laki-laki, seorang pembangun dan tukang kayu
Sid Dorsett (1928) : yang kedua dari kepribadian Sybil yang menjadi laki-laki, seorang tukang kayu dan tukang umum
Nancy Lou Ann Baldwin (tanggal belum ditentukan) : tertarik dalam politik
Sybil Ann Dorsett (1928) : lesu ke titik neurasthenia
Ruthie Dorsett (tanggal belum ditentukan) : kepribadian berusia 6 tahun dan salah satu dari kepribadian yang kurang berkembang
Clara Dorsett (tanggal belum ditentukan) : sangat religius dan sangat kritis
Helen Dorsett (1929) : sangat takut namun bertekad untuk mencapai pemenuhan
Marjorie Dorsett (1928) : tenang, riang, dan cepat untuk tertawa
The Blonde (1946) : seorang remaja abadi tanpa nama dengan pandangan optimis
Mike dan Sid Dorsett adalah laki - laki ! Yang lainnya mengidentifikasikan dirinya sebagai perempuan. Keduanya muncul secara bersamaan dan bergantian dalam satu waktu. Demikian pula dengan kemunculan Peggy Lou dan Peggy Ann.


Bagaimana mungkin seorang manusia bisa memiliki 16 kepribadian yang berbeda dalam satu tubuh. Bergantian mengisi akal dan jiwanya. Jawaban yang diberikan dokter Wilbur adalah :
Sybil sebenarnya memiliki otak yang jenius. IQ-nya 170. Keputusasaan, trauma, kemunafikan, dan segala perasaan negatif yang ditekan atapun dipendam dalam - dalam ke alam bawah sadar akhirnya memunculkan kepribadian - kepribadian ini. Suatu bentuk pertahanan terhadap segala serangan yang menimpa tubuh kita. Sybil, kisah nyata seorang gadis dengan 16 kepribadian memang buku yang menarik untuk dibaca, terutama bagi mereka yang mendalami psikologi manusia !

 

Sumber :
http://wapannuri.com/a.buku/sybil.html

Bagikan Artikel Ini :