Kelapa Sawit (TBS)

Dengan memiliki perkebunan sawit seluas 406.1 hektar PT. Mitra Tumbuh Perkebunan berusaha untuk memenuhi kebutuhan kelapa sawit untuk skala nasional mau pun internasional.

Baca Lebih Lengkap

Minyak Sawit (CPO)

Minyak sawit digunakan sebagai bahan baku minyak goreng, margarin, sabun, kosmetika, industri baja, kawat, radio, kulit dan industri farmasi.

Baca Lebih Lengkap

MTP

PT. Mitra Tumbuh Perkebunan

MT. Haryono Square 2nd Floor, Unit 28-29 Otto Iskandardinata No. 390 Jakarta Indonesia

Hubungi Kami
 

Tipe kelapa sawit

Author : Budi Prayudi

Posting Date : 2017-04-12


Mempeajari hal-hal baru merupakan salah satu hal yang perlu untuk dilakukan manusia. Memang rasanya malas, tetapi ambil sisi positifnya, karena mempelajari hal-hal baru dapat menambah wawasan juga ilmu yang berguna untuk kamu di masa mendatang. Kali ini blog kelapa sawit PT. Mitra Tumbuh Perkebunan akan membahas mengenai jenis-jenis kelapa sawit. Mari Mulai mengenal tanaman kelapa sawit yang merupakan salah satu komoditi export indonesia ini. Kelapa Sawit yang di kembangkan di indonesia memiliki beberapa jenis varietas, berikut ini adalah jenis-jenis kelapa sawit tersebut..

 

Kelapa sawit yang dibudidayakan terdiri dari dua jenis: Elaeis Guineensis dan Elaeis Oleifera. Jenis pertama yang terluas dibudidayakan orang. dari kedua species kelapa sawit ini memiliki keunggulan masing-masing. Elaeis Guineensis memiliki produksi yang sangat tinggi dan Elaeis Oleifera memiliki tinggi tanaman yang rendah. banyak orang sedang menyilangkan kedua species ini untuk mendapatkan species yang tinggi produksi dan gampang dipanen. Elaeis Oleifera sekarang mulai dibudidayakan pula untuk menambah keanekaragaman sumber daya genetik.

 

Elaeis Guineensis

Elaeis guineensis, kelapa sawit Afrika, adalah sumber utama minyak untuk keperluan makanan manusia, dan juga untuk keperluan industri sekunder. Jenis Ini merupak nutrisi dan produk terpenting dalam kebutuhan komersial. Elaeis guineensis Telah banyak diperkenalkan pan-tropis, dan baru-baru ini telah terjadi lonjakan dalam pembangunan perkebunan kelapa sawit karena meningkatnya permintaan biofuel.

 

Elaeis Oleifera

Elaeis oleifera adalah jenis palem yang biasa disebut kelapa sawit Amerika. Tumbuhan Ini berasal dari Amerika Selatan dan Tengah dari Honduras ke Brasil utara. Kelapa sawit ini sangat pendek di bandingkan jenis lainnya,  hanya memiliki tinggi 10-20 cm, berdiri tegak hanya untuk beberapa meter. panjang Daun 3-4 m, panjang bunga 50-80 cm, dengan sekitar 50 cabang. Buah kekuningan oranye, merah, lonjong, sekitar 3 cm panjang. Jenis ini tidak seperti Elaeis guineensis atau kelapa sawit Afrika,  Elais Oleifera jarang ditanam untuk komersial dengan tujuan menghasilkan minyak sawit, tetapi hanya digunakan sebagai hibrida antara dua spesies, terutama dalam upaya untuk memberikan ketahanan terhadap penyakit dan meningkatkan proporsi asam lemak tak jenuh dalam minyak.

Bagikan Artikel Ini :